Tuesday 29 October 2013

Daun Seledri





Daun seledri memiliki nama latin apium graveolens dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Daun seledri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya ada seledri yang umbinya dapat dimakan. Tumbuhan ini baru diakui memiliki khasiat obat sejak tahun 1942. Pengembangbiakannya dapat dilakukan dengan dua cara, yaaitu melalui bijinya atau pemindahan anak rumpunnya.

Daun seledri memiliki berbagai khasiat, diantaranya untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati sakit mata, dan juga untuk rematik.

1.       Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, siapkan daun seledri secukupnya, lalu diperas dengan air masak secukupnya kemudian disaring. Diminum 3 kali sehari 2 sendok makan dan lakukan seccara teratur. Perlu diingat, jangan menggunakan ramuan ini secara berlebihan karena bias berbahaya.
2.       Untuk mengobati sakit mata kering, ambil 2 tangkai daun seledri, 2 tangkai daun bayam, dan 1 tangkai daun kemangi alu, semua bahan ditumbuk hingga halus kemudian diseduh dengan air panas, lalu disaring. Diminum setelah dingin.
3.       Untuk mengobati rematik, ambil beberapa tangkai daun seledri, lalu dimakan sebagai lalapan.

No comments:

Post a Comment